Pasi Pers Kodim 0419/Tanjab Menghadiri Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Santri Dandim 0419/Tanjab Tekankan Pentingnya Jaga Nama Baik Satuan dan Netralitas dalam Pilkada Mendatang Dandim 0419/Tanjab Berikan Baju Aerobik kepada Prajurit, PNS, dan Honorer untuk Tingkatkan Moril Dandim 0419/Tanjab Pimpin Upacara Bulanan di Makodim Babinsa Kelurahan Rantau Indah Dukung Gerakan Pangan Murah Serentak di Kec. Dendang

Home / Artikel / BERITA / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Kamis, 12 September 2024 - 13:34 WIB

Danramil 419-03/Tungkal Ilir Sosialisasikan Penanggulangan Kebakaran dan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar

Pendim 0419/Tanjab

KUALA TUNGKAL, kodimtanjab.com – Danramil 419-03/Tungkal Ilir, Kapten Inf Safri Napitupulu menghadiri sosialisasi mengenai penanggulangan kebakaran dan pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB) yang diadakan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rabu (11/9/24)

Acara tersebut berlangsung di Aula Dinas Perkebunan dan Peternakan, Jl. Prof. Dr. Sri Soedewi, Kelurahan Sungai Nibung, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai bahaya kebakaran hutan dan lahan serta pentingnya metode pembukaan lahan yang ramah lingkungan tanpa pembakaran.

Dalam sambutannya, Kabid Penyuluhan Dinas Perkebunan, Ir. Nikmar Gurning, menjelaskan bahwa di masa lalu, pembakaran lahan untuk pembukaan lahan pertanian masih diperbolehkan, namun dengan meningkatnya risiko kebakaran terutama di lahan gambut, metode ini sekarang dilarang keras.

BACA JUGA  Babinsa Ramil 04/Nipah Panjang Lakukan Monitoring Padi Petani.

“Biaya untuk membuka lahan tanpa membbakar memang cukup tinggi, tetapi risiko kebakaran jauh lebih berbahaya terutama di lahan gambut yang mudah merembet di bawah tanah,” ucap Nikmar.

Kapten Inf Safri Napitupulu dalam arahannya juga menekankan bahwa pembakaran lahan tanpa izin merupakan pelanggaran hukum yang dapat dikenai sanksi berat.

“Tidak ada toleransi untuk pembakaran lahan. Jika ada yang tertangkap membakar lahan, ada sanksi hukumnya,” tegas Danramil.

Ia juga mengingatkan para peserta agar selalu waspada terhadap perubahan arah angin saat menangani kebakaran.

“Jika api sudah menyebar, pemadaman akan sangat sulit, terutama saat angin bertiup kencang,” tambahnya.

Kapten Safri juga menggarisbawahi pentingnya peran Manggala Agni sebagai tim ahli dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Tanjab Barat.

BACA JUGA  Babinsa Simbur Naik Membantu Petani Menjemur Padi.

“Apabila terjadi kebakaran, segera laporkan agar Manggala Agni dan BPBD bisa segera turun tangan,” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi ini mendapat respon positif dari masyarakat dan perwakilan kelompok tani yang hadir. Acara ini diharapkan dapat membantu menekan angka kebakaran lahan yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, khususnya di musim kemarau.

Sosialisasi dihadiri oleh sejumlah tokoh penting daerah, di antaranya Kasat Samapta Polres Tanjab Barat AKP Agus Alexander Purba, S.H., M.H., Kabid Perkebunan Tanjab Barat Dedi Haryanto, S.P., serta Kabid Rencana dan Rekonstruksi BPBD Tanjab Barat Zulkifli, S.P.

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Guna Memupuk dan Meningkatkan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat, Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Lakukan Komsos.

BERITA

Babinsa Koramil 03/Tungkal Ilir Lakukan Pendampingan Peninjauan Tanaman Padi.

BERITA

Usai Masa Panen Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 419-01/Muara Sabak Membantu Petani Desa Binaannya

BERITA

Babinsa Bantu Petani Mengolah Lahan Tanam.

Berita Koramil

Babinsa Kelurahan Tungkal IV Kota Ikuti Kegiatan Jum’at Bersih.

BERITA

Tekan Terus Penyebaranan Corona, Babinsa Koramil Tungkal Ilir Bersama Warga Aktif Semprotkan Disinfektan.

Berita Koramil

Babinsa bersama BPBD Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Kelurahan Talang Babat.

Berita Koramil

Babinsa Tungkal Ulu Hadiri Rapat Pembentukan Panitia Dalam Rangka Mempersiapkan Kegiatan Tabligh Akbar.